Pelayanan gizi rumah sakit merupakan bagian yang sangat vital dari sistem pelayanan yang paripurna terhadap pasien di rumah sakit. Salah satu bagian dari pelayanan gizi rumah sakit adalah tersedianya pelayanan makan yang baik dan benar, tidak saja mampu memenuhi harapan terhadap peningkatan mutu pelayanan, tetapi juga dapat menjamin kecukupan asupan makanan, meningkatkan sistem pertahanan tubuh sehingga komplikasi dan infeksi dapat dicegah atau dikurangi serta lama waktu penyembuhan dapat dipersingkat. 

Pelayanan gizi di RSUD  Umbu Rara Meha Waingapu mencakup :

  1. Pelayanan Gizi Rawat Jalan, Pelayanan gizi rawat jalan berupa kegiatan konsultasi gizi, diantaranya : pengaturan diet pasien diabetes melitus, jantung, gagal ginjal pra dan post dialisis, obesitas, gizi buruk, hipertensi, kanker, diet bagi ibu hamil dan menyusui serta pasca operasi.

    Jam pelayanan :

    Senin s.d Kamis           : 08.00 – 14.00

    Jumat                             : 08.00 – 11.00

    Sabtu                             : 08.00 – 12.30

    Petugas                         : Salvia Darine, AMD

  2. Pelayanan Gizi Rawat Inap, Pelayanan gizi rawat inap berupa kegiatan asuhan gizi dan konsultasi gizi rawat inap. Pasien rawat inap akan mendapat pengaturan diet sesuai dengan penyakit yang diderita. Terdapat nutrisionis yang secara periodik melakukan edukasi gizi bagi pasien yang mendapat perawatan di RSUD Umbu Rara Meha serta keluarganya. Selain itu, nutrisionis juga rutin melakukan monitoring dan evaluasi daya terima diet pasien setiap harinya. Pengaturan diet bagi pasien rawat inap meliputi : diet diabetes melitus, jantung, stroke, hipertensi, pasca operasi, ibu hamil dan menyusui, tatalaksana anak dengan gizi buruk, serta nutrisi enteral bagi pasien dengan penyakit kritis (critical ill).
  3. Penyelenggaraan Makanan Rumah Sakit, Saat ini RSUD Umbu Rara Meha Waingapu menggunakan sistem outsourcing dalam penyelenggaraan makanan rumah sakit dan sistem distribusi makanan sentralisasi.

Kepala Unit Gizi : Sina Karolina, AMD

Staf :

  1. Salvia Darine, AMD
  2. Kostansa Kariuw
  3. Inneke Anarato, S.Gz
  4. Magdalena Grasela Piranyawa, S.Gz
  5. Claudia Kwardianti Pratiwi Bezaliel, S.Gz
  6. Eileen Christin Rambu Teba Hika, S.Gz